Selasa, 28 Oktober 2008

Pengantar

Pembaca Andawat yang terhormat.

10 November merupakan salah satu hari bersejarah bangsa Papua. Karena di tanggal 10 November 2001, Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) Theys Hiyo Eluay diculik dan dibunuh oleh pasukan Kopasus Tribuana yang bermarkas di Hamadi Jayapura. Peristiwa itu juga menyimpan rahasia dan keingintahuan yang mendalam karena hingga kini, Aristoteles Masoka, supir Theys tidak ditemukan keberadaannya.

Memperingati 7 tahun peristiwa kelam tersebut, Andawat akan menampilkan “Serial Theys dan PDP: Mengadili Demokrasi Damai Rakyat Papua”. Judul ini dikutip dari naskah Pembelaan Theys dkk, pada persidangan mereka di Pengadilan Negeri Jayapura, pada 14 Mei 2001 – 4 Maret 2002.
Tulisan ini berisi rekaman peristiwa yang pernah kami saksikan dan ikuti dalam perjalanan sejarah PDP, mulai dari penangkapan, penahanan, persidangan, penculikan dan pembunuhan Theys, hingga akhir persidangan PDP pada tanggal 4 Maret 2002 di Jayapura. Sudah tentu peristiwa tersebut tak semuanya dapat kami rekam dengan baik karena banyak sekali peristiwa yang terjadi saat itu.

Sosok Theys sendiri mempunyai cacatan sejarah yang sangat panjang dalam ‘pengabdiannya’ pada negara Merah Putih. Beberapa kritikan pedas dan protes terhadap sikapnya deras mengalir ketika pilihannya bergabung pada perjuangan kemerdekaan rakyat Papua, menjadi Ketua PDP bahkan hingga hari ini perdebatan tentang sosoknya tak pernah sepi.
Informasi mengenai Theys dan PDP juga sudah sering disampaikan oleh banyak teman dalam berbagai tulisan. Semoga tulisan ini dapat berbagi cerita tentang “The Other Side of Theys and PDP”.

0 komentar:

hardin-andawat.papua